Kamis, 15 Juli 2010

kesehatan reproduksi


BAB I
ORANG TUA TUNGGAL


1. Pengertian orang tua tunggal
Orang tua tunggal atau biasa disebut dengan istilah single parent adalah orang tua yang hanya terdiri dari satu orang saja, dimana didalam rumah tangga ia berperan sebagai ibu dan juga berperan sebagai ayah. Saat ini keluarga orang tua tunggal memiliki serangkaian masalah khusus. Hal ini disebabkan karena hanya ada satu orang tua yang membesarkan anak. Bila diukur dengan angka mungkin lebih sedikit sifat positif yang ada dalam diri suatu keluarga dengan satu orang tua dibandingkan dengan keluarga dengan orang tua tunggal. Orang tua tunggal ini menjadi lebih penting bagi anak dan perkembangannya karena orang tua tunggal ini tidak mempunyai pasangan untuk saling menopang.
Pilihan untuk menjadi orang tua tunggal adalah pilhan yang sangat berat, walaupun demikian daripada aborsi dan menambah beban dosa, mereka lebih ikhlas menjadi oarng tua tunggal. Untuk iini mereka juga harus siap menerima reaksi dari orang tua, keluarga dan dikucilkan entah untuk sementara atau untuk selamanya. Belum lagi menjadi gunjingan maupun dicibirkan oleh teman, tetangga maupun rekan kerja. Untuk menjalani semua itu dibutuhkan kekuatan hati dan daya juang yang tinggi, termasuk mengikis perasaan dendam kepada silelaki notabene ayah dari anaknya sendiri. Sedangkan bagi perempuan yang sudah menikah siap atau tidak predikat janda dengan anak yang disandangnya. Untuk menjadi orang tua tunggal itu tidaklah mudah.









BAB II
1. Penyebab orang tua tunggal
ada dua jenis kategori orang tua tunggal yaitu yang sama sekali tidak pernah menikah dan sempat atau pernah menikah. Mereka menjadi orang tua tunggal bisa saja disebabkan, karena ditinggal mati lebih awal oleh pasangan hidupnya, ataupun akibat perceraian atau bisa juga ditinggal oleh sang kekasih yang tidak mau bertanggung jawab atas perbuatannya, dan kebanyakan terjadi dikalangan remaja yang terlibat dalam pergaulan bebas.
Seorang ibu dapat menjadi orang tua tunggal mungkin karena kematian suaminya atau perceraian, dan beberapa ibu tentu tidak pernah menikah lagi, termasuk mereka yang memilih memlih menjadi ibu tunggal. Saat ini percerraian menjadi cara yang umum untuk menjadi orang tua tunggal. Ibu yang bercerai lebih banyak mengalami kesulitan dalam masalah kekuasaan dan kedisiplinan. Beberapa ibu menjelaskan tentang beratnya mengemban tugas tersebut. Para ibu ini mulai terpaksa mulai bekerja diluar rumah untuk pertama kalinya guna memenuhi kebutuhan keuangan keluarganya dengan gaji pertama yang tidak begitu banyak. Beberapa diantaranya juga tidak dapat lagi menggantungkan kebutuhan keuangan dan emosonalnya kemantan suaminya.

2. Dampak orang tua tunggal terhadap kehiduppan wanita termasuk reproduksi
Ibu yang bercerai ataupun wanita yang memutuskan untuk menjadi ibu tunggal seringkali terlalu dibebani dengan masalah ekonomi, mereka cenderung tidak memliki uang untuk menikmati hidup, dan tak bisa memikirkan dirinya sendiri karena terlalu banyak pikiran yang tercurah untuk anak-anaknya. Adapun dampak terhadap tarhadap reproduksinya yaitu kebutuhan seksual oarng tua tunggal tidak terpenuhi, sehingga terkadang merka berfikir untuk mencari pendamping hidup ataupun sekedar mmencari pelarian, namun adapula sebgian wanita yang merasa trauma dengan lelaki sehingga mreka lebih cendrung menyukai sesame jenisnya.




3. Masalah orang tua tunggal
Masalah utama bagi orang tua tunggal khususnya bagi wanita yaitu pada masalah ekonomi, dan bagi pria mereka lebih cenderuung mengalami kesulitan menjadi seorang ibu, yang tidak terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Bagi wanita yang bersatatus ibu tunggal, yang diakibatkan oleh pergaulan bebas ataupun karena korban perkosaan, mereka cenderung sulit menerima kehadiran anaknya, belum siap menerima kenyataan bahwa dirinya kini sudah berstatus ibu, cibiran tetangga, dan masalah-masalah yang timbul selanjutnya yang beerhubungan dengan status anaknya, bahkan mungkin pertanyaan anaknya yang ingin mengetahui dimana ayah mereka. Hl inilah yang membuat sebagian besar wanita mengalami depresi yang menyandang sebagai ibu tunggal. Namun tidak semua pula para ibu tunggal yang berfikiran seperti itu, misalnya salah satu selebriti papan atas yang mengaku siap menjadi orang tua tunggal, dan siap menerima segala konsekuensinya sebagai ibu tunggal dan baginya ia menikmati perannya sebagai ibu walaupun tanpa adanya sesosok ayah untuk anaknya.

4. Penaggulangan orang tua tunggal
Orang tua tunggal bisa tetap bahagia menjalani hidup ini dengan tetap menggunakan pendekatan yang positif. Dengan menjadikan hsl-hsl ysng positif dalam hidup menjadi pemicunya, maka kebahagiaan tersebut juga bisa didapatkan. Barikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua tunggal agar tetap bisa bahagia :
1. Focus pada anak-anak. Jika anak-anak adalah pusat kehidupan anda, dengan sendirinya anak-anak tersebuta akan menhetahui dan merespons apapun yang terjadi pada diri orang tuanya.
2. Mengenal diri sendiri. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengenal diri sendiri dan merasa nyaman dengan kesendirian tinggalkan segala pikiran yang negative tentang kesendidrian dan berlatihlah untuk merasa cukup nyaman dengan diri sendiri.
3. Libatkan anak-anak dalam mencerminkan peran orang tua yag hilang. Dalam hal ini bukan berarti harus menemukan pengganti dari seorang ibu atau ayah, tapi bisa dengan membuata anak dekat dengan paman, bibi atau kakek dan nenek untuk mengisi kekosongan salah satu orang tua.
4. Biarkan anak-anak tahu bahwa dirinya dapat melengkapkan hidup anda. Jika anda percaya bahwa anda tetap bisa bertahan tanpa seorang laki-laki atau seorang perempuan disamping anda maka anak-anakpun akan mempercayai itu. Karena anak adalah cerminan oleh apa yang dirasakan oleh orang tuanya.
5. Memahami bahwa anda tidak bisa menjadi segalanya bagi anak-anak. Dengan memahami hal tersebut akan membuat merasa tidak terlalu tertekan namun bukan berarti anak-anak tidak bisa kasih saying yang sempurna. Kasih saying bisa didapatkan dari saudara atau orang-orang terdekat anda.













BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari hasil pemaparan kami diatas, maka kami dapat mengambil kesimpulan bahwa orang tua tunggal adalah orang tua yang hebat dan bertanggung jawab, karena dimana mereka berperan menjadi kepala rumah tangga, dan juga sekaligus menjadi ibu rumah tangga didalam keluarganya, dan kita juga tau bahwa tidak semua orang mampu menjalani hidup menjadi orang tua tunggal.






















DAFTAR PUSTAKA

1. www.orangtuatunggal.html.com
2. www.content.asp.html.com
3. www.chirstian Counseling Center Indonesia_isi orang tua tunggal.html.com
4. www.berita.php.html.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Mamuju, Sulawesi Barat, Indonesia